Kamis, 20 November 2014

Deteksi Potensi Kanker Mata pada Bayi Melalui Ponsel



Aplikasi White Eye Detection membantu orang tua mengetahui kemungkinan adanya kelainan pada mata bayi.
Nambahtau - Sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh tim peneliti dari Universitas Baylor bisa digunakan untuk mendeteksi potensi kelainan mata pada bayi. Aplikasi bernama White Eye Detection ini mendeteksi potensi penyakit kanker mata.
Cara kerjanya, orang tua hanya cukup mengunggah foto sang bayi menggunakan aplikasi ini. Nantinya database akan otomatis mendeteksi foto bayi dan hasil pindaian akan menunjukkan warna putih tepat di bagian bola mata tengah.
Sementara jika hasil pemindai menunjukkan mata normal, maka bola mata berwarna merah. Aplikasi ini mampu mendeteksi kelainan mata termasuk retinoblastoma dan katarak pediatrik.
Pada kondisi tertentu, tumor diketahui bersembungi di bagian belakang kornea mata dan normalnya hanya bisa dilihat melalui pengolahan data digital seperti pupil putih yang terdapat pada salah satu mata. Bryan Shaw menyebut kehadiran aplikasi ini terinspirasi dari kelainan mata yang dirasakan sang anak yang kemudian diketahui terdeteksi retinoblastoma atau biasa dikenal dengan leukocoria.
"Kalau saja ada aplikasi yang bisa saya gunakan saat itu untuk mengecek kondisi anak saya, mungkin bisa mempercepat proses penyembuhan dan tumor tidak berkembang menjadi semakin besar," ucap Shaw seperti dilansir Mobilehealtnews, Rabu 12 November 2014.
Shaw menganjurkan orang tua secara berkala mengunggah foto bayi untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatan mata yang bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jika ternyata aplikas ini sudah mendeteksi adanya kelainan pada salah satu foto bayi anda, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis.
Untuk saat ini aplikasi yang dikembangkan oleh Shaw dan Greg Hamerly tersedia untuk pengguna perangkat berbasis iOS.

0 komentar:

Posting Komentar