Minggu, 28 Desember 2014

Trik Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku


Kebiasaan buruk yang dilakukan sejak kecil tanpa sadar terbawa hingga beranjak dewasa. Berikut trik menghentikan kebiasaan buruk menggigit kuku.
Perasaan bosan, cemas, stres dan gugup tanpa sadar memicu perilaku kompulsif seperti menggigit kuku. Nyatanya kebiasaan tidak sehat ini bukan hanya dilakukan oleh anak-anak, tetapi juga tanpa disadari dilakukan oleh orang dewasa.
Sebagai sarang kuman, bakteri, virus, dan jamur kuku dapat menjadi salah satu sumber penyebaran penyakit. Mengutip laman Ehow, berikut beberapa trik menghentikan kebiasaan menggigit kuku.
1. Duduk di depan kaca dan lihat diri Anda sedang menggigit kuku untuk melihat betapa tak menariknya melihat kebiasaan ini.
2. Potong pendek kuku, dan haluskan agar tak ada pinggiran yang kasar untuk digigit.
3. Sadari keinginan menggigit kuku dan coba menyibukkan tangan dengan memegang pulpen, manik-manik, atau sepotong lilin atau bola mainan.
4. Kunyahlah permen karet bebas gula sehingga mulut tetap sibuk dan tidak menggigit kuku.
5. Oleskan lotion anti menggigit kuku yang bisa didapatkan di apotik dan toko obat terdekat. Saat tanpa sadar menggigit kuku, Anda akan merasakan pahit karena terkena lotion ini.
6. Kenakan karet gelang di pergelangan tangan. Saat Anda berusaha menggigit kuku, tariklah karet gelang dan lepaskan hingga kulit terasa sakit dan kebiasaan buruk ini berkurang.
7. Hadiahi diri atau anak Anda saat kuku tampak lebih baik, misalnya mengunyah permen jika tidak menggigit kuku selama 1 jam.
8. Pakai kuku palsu yang bisa bertahan selama 2 minggu sehingga bisa menghentikan kebiasaan buruk Anda.
9.Gunakan plester luka bergambar sehingga Anda terasa sayang untuk menggigit kuku yang tampak cantik tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar