Selasa, 23 Desember 2014

Manfaat Mentimun Perangi Kanker

 
Sebuah studi terbaru menunjukkan mentimun berkhasiat untuk memerangi diabetes dan kanker.
Kandungan 96 persen air dengan kandungan vitamin dan mineral yang lebih sedikit membuat mentimun baik untuk memerangi kanker dan diabetes. Kandungan senyawa cucurbitacins yang memicu rasa pahit justru menjadikan mentimun berkhasiat untuk kesehatan.
Sebuah studi terbaru menunjukkan khasiat mentimun juga bisa digunakan untuk mengobati mual, sebagai obat pencahar dan obat sakit liver. Mengutip laman Boldsky, berikut beberapa kandungan mentimun yang membuatnya berkhasiat untuk memerangi kanker.
Rasa Pahit
Dua sifat genetik yakni Bi dan Bt membuat mentimun memiliki rasa sedikit pahit. Meskipun begitu, kedua senyawa inilah membawa sifat obat pada mentimun.
Cucurbitacin
Setidaknya ada sembilan gen yang diidentifikasi memproduksi senyawa cucurbitacin. Kandungan senyawa ini membuat mentimun efektif mengobati kanker dan diabetes.
Senyawa Lignan
Ada tiga jenis lignan yang terkandung dalam mentimun. Senyawa lignan sangat berperan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker. Pinoresinol, salah satu jenis lignan diketahui dapat menekan pertumbuhan sel-sel leukimia.
Saponin
Bahan ini kini merupakan obat alami untuk mengobati diabetes. Saponin memungkinkan insulin dan glikogen masuk ke dalam sel dan menekan kadar gula dalam urin. Mentimun dapat membantu melarutkan lemak dalam jaringan hingga menjadikannya baik untuk penderita diabetes.
Diet Rendah Karbo
Kandungan kalium, vitamin K dan vitamin C membuat mentimun baik sebagai menu diet rendah karbohidrat, terutama untuk penderita diabetes. Mentimun juga kerap dijadikan campuran salad dan jus.

0 komentar:

Posting Komentar