Senin, 15 Desember 2014

Fakta Unik Mata Manusia

 
Dibandingkan organ tubuh lainnya, ternyata mata menyimpan keunikan tersendiri. Apa saja keunikan tersebut?

Selain salah satu organ tubuh yang paling kompleks, mata juga merupakan organ yang paling menarik dari seorang manusia. Melalui mata, seseorang bisa membaca gerak tubuh, kepribadiaan hingga perasaan yang tidak dapat disampaikan dengan ucapan.
Sepanjang sejarah manusia, setidaknya ada enam keunikan utama organ tubuh yang identik dengan keindahan seseorang ini. Berikut keenam keunikan mata seperti dilansir Healthmeup.
Semua Orang Bermata Cokelat
Pada dasarnya semua orang memiliki mata cokelat sampai seseorang hidup dan bermutasi secara genetik. Kondisi cuaca dan geografis suatu daerah membuat beberapa orang memiliki mata hijau dan biru.
Organ Terkuat Kedua
Jika otak berada di peringkat pertama organ tubuh paling kuat, maka mata berada di peringkat kedua. Mata dapat menggunakan sekitar 65 persen kemampuan otak dan memproses sekitar 36 ribu bit informasi per jam. Mata Anda juga bisa bekerja nonstop tanpa istirahat, bahkan dalam keadaan tidur.
Kemampuan Membaca
Orang memiliki kemampuan membaca 25 kali lebih lambat jika menggunakan layar dibandigkan di atas kertas atau buku cetak. Paparan cahaya layar monitor membuat mata membaca kurang akurat dan komprehensif. Temuan ini pertama kali diamati oleh seorang ahli web terkemuka, Jakob Nielsen.
Lensa Mata vs Kamera
Faktanya, lensa mata memiliki kemampuan lebih cepat dibandingkan lensa kamera tipe apapun. Tingkat kemampuan berkedip mata berbeda antara satu orang dengan lainnya, namun rata-rata dalam sehari seseorang bisa berkedip hingga 17 ribu kali.
Memproduksi Air Mata
Pernahkan anda merasa tanpa alasan tiba-tiba saja meneteskan air mata? Perasaan sedih, marah, bahagia yang berujung pada produksi air mata ternyata memiliki struktur yang unik dan berbeda-beda saat ditempatkan di bawah mikroskop.
Produksi Gambar Terbalik
Gambar yang terbentuk di mata anda, sebenarnya merupakan hasil produksi pemandangan terbalik retina. Otak kemudian berperan membalik gambar sehingga tampak lurus di pandangan.

0 komentar:

Posting Komentar