Senin, 22 Desember 2014

Trik Menjaga Kesehatan Mata

 
Seiring bertambahnya usia kemampuan mata juga kerap mengalami penurunan. Cek cara berikut untuk menjaga kesehatan mata.
Sebagai organ berharga dan memegang peranan penting, kehadiran mata sangat berarti bagi sang pemiliknya. Bahkan para ahli menyebut sekitar 83 persen jalur informasi dilakukan melalui mata.
Agar fungsinya tidak menurun seiring dengan bertambahnya usia, ada baiknya kehadirannya harus senantiasa terjaga. Cek beberapa trik menjaga kesehatan mata seperti dilansir WebMD, Selasa 23 Desember 2014.
Konsumsi Makanan Sehat
Melindungi mata dimulai dengan memilih makanan yang sehat untuk mata. Menurut beberapa studi, makanan yang kaya kandungan Omega-3, lutein, zinc, Vitamin C dan E bisa membantu menjauhkan dari masalah yang berkaitan dengan mata seperti degenerasi makula dan katarak. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, ikan, telur, kacang, kacang-kacangan serta makanan protein yang tidak berasal dari daging lainnya, jeruk, lemon, dan sitrus.
Biasakan juga untuk selalu menerapkan pola makan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari obesitas yang bisa berujung pada diabetes tipe 2. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kebutaan.
Berhenti Merokok
Agar kesehatan mata tetap terjaga ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan menghisap tembakau. Merokok meningkatkan risiko terkena katarak, kerusakan saraf-safat optik, serta degenarasi pada mata.
Menggunakan Kacamata Anti Ultraviolet
Menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah sinar terik matahari merupakan cara untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Mata yang terlalu banyak mendapat paparan sinar UV bisa meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Sebaiknya pilih kacamata yang bisa menahan UVA dan UVB mencapai 99 hingga 100 persen.
Gunakan Pelindung Mata
Bagi Anda yang bekerja langsung terkena paparan material berbahaya seperti tempat las usahakan untuk selalu mengenakan pelindung keamanan mata maupun goggle.
Kurang Waktu Menatap Layar Perangkat Pintar
Menatap layar perangkat pintar dalam waktu lama bisa membuat pandangan terasa kabur, mata kering, mata sulit fokus hingga nyeri punggung, leher dan bahu. Untuk menjaga mata tetap sehat pastikan jarak 35 cm dari layar komputer, duduk di kursi nyaman, istirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat sejauh 20 meter ke depan selama 20 detik. Beristirahatlah selama 15 menit dalam kurun waktu dua jam sekali.
Rutin Mengunjungi Dokter Mata
Meskipun tidak ada keluhan usahakan untuk selalu memeriksakan kondisi mata ke dokter mata. Selain mengetahui kondisi rabun jauh, rabun dekat, maupun silinder pemeriksaan mata juga dapat untuk mengetahui lebih awal penyakit mata glukoma yang tidak memiliki gejala hingga bisa lebih cepat diobati.

0 komentar:

Posting Komentar